Burung Jalak Tunggir Merah Masteran Yang Cerdas


Akhir akhir ini sering saya melihat burung Jalak Tunggir Merah atau burung rio rio di pasar burung Jawa Timur. padahal burung itu merupakan burung yang berasal dari Sulawesi yang hidup dihutan belantara, pohon mati adalah tempat bersarangnya. Namun beberapa pencari burung mengatakan bila burung Jalak Rio Rio itu kini juga ada di kawasan hutan Kabupaten Blitar - Jawa Timur, apa mungkin pedagang burung mendapatkan burung Jalak Rio Rio dari daerah itu yaa? Entahlah. Yang pasti burung jalak tunggir merah termasuk burung yang rajin berkicau bila diberi makanan yang cukup berupa buah buahan dan Vour. Kicauan Sulingnya yang nyaris menyerupai suara jangkrik ngerik dan sulingan akan menjadi pemancing burung kicauan yang macet bunyi. 

Berdasarkan pengalaman Putera Gembala, burung kacer, burung cendet, Cucak Hijau, Punglor Merah, Punglor Kembang yang macet bunyi bila di dekatkan dengan burung besar berbulu dominan hitam, ada bulu merah diatas tunggingnya, berparuh besar berwarna kuning dan warna kaki kuning itu (yaitu jalak rio rio), maka burung yang macet tadi akan lebih cepat berkicau.

Perawatan Burung Jalak Rio Rio ini cukup mudah, Setiap hari sediakan buah buahan segar seperti pisang atau pepaya, Vour dan minuman yang cukup. Karena burung ini sangat suka bermain air maka setiap hari burung lebih baik dimandikan atau disediakan wadah khusus buat mandi. Bila perlu tambahkan 2 ekor jangkrik atau UH untuk menambah stamina.

Dengan perawatan sederhana itu saja burung sudah cukup ramai untuk dijadikan sebagai master burung berkicau lainnya. Untuk itu kami menyimpulkan bila ingin memaster burung macet, memilihara burung Jalak Rio Rio merupakan cara cerdasnya.

Selamat Memaster...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala