Beda Komputer Ultrabook, Notebook dan Netbook

Kata Komputer tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yaitu seperangkat alat elektronik yang bekerja saling berkesinambungan yang mampu mengerjakan tugas tugas elektronik sesuai dengan apa yang kita masukkan. Diciptakannya komputer adalah untuk meringankan beban kerja manusia, karena komputer dapat di program sesuai dengan sistem kerja manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan. Komputer memproses sesuai dengan apa yang kita masukkan, jadi apa yang kita masukkan itulah yang dikerjakan dan akan menyampaikan laporan sesuai dengan apa yang kita perintahkan (sesuai program yang sudah kita set).

Selain komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia, komputer kini juga berfungsi sebagai  media edukasi, entertainment dan trend. Sehingga perkembangan komputer sangatlah pesat dari yang komputer PC/desktop dengan ukuran yang besar menjadi komputer jinjing yang ringan dengan tampilan dan warna yang lebih menarik

Untuk bisa membedakan Komputer Desktop, Ultrabook, Netbook dan Notebook. Berikut ini kami ingin menyampaikan pengertiannya masing masing untuk Gembala News.

Laptop dan Notebook
Laptop itu sendiri adalah sebutan Umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop itu bisa diartikan sebagai Netbook maupun Notebook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan. Secara historis, laptop memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, dirancang untuk menggantikan komputer desktop dan bisa dibawa di atas pangkuan Anda. Sedangkan Notebook hanya memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari laptop – sesuatu yang bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi dan identik atau menggantikan peran Notebook tradisional. Namun hari ini tidak ada perbedaan diantara keduanya. Produsen akan menggunakan kata Notebook dan Laptop secara bergantian, dan itu sangat langka untuk melihat istilah Laptop pada sekarang ini.

Dibandingkan dengan Laptop, Notebook sedikit lebih eye catching, Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya

Netbook
Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.

Kepopularitasan mereka telah menurun beberapa tahun terakhir akibat tergeser dengan tablet, Netbook sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari, namun game atau program berat lainnya seperti Photoshop tidak memungkinkan untuk Anda instal pada Netbook.

Ultrabook
Ultrabook adalah merupakan perpaduan antara kecanggihan sebuah PC Game dengan Tablet PC yang memiliki tipis kurang dari 20 mm dengan spesifikasi yang sangat tinggi, ultrabook ini bisa digunakan dalam kondisi yang ekstrim layaknya PC desktopPenggunaan Ultrabook pertama kali digunakan untuk merepresentasikan Apple MacBook Air yang mana dikenal memiliki bodi yang sangat tipis dan dari situlah kata Ultrabook pertama kali didengungkan. 

Jadi bisa dikatakan bahwa MacBook Air merupakan Ultrabook pertama yang hadir di pasaran. Meskipun memiliki profil yang tipis yakni kurang dari 2 cm, namun ukuran layar yang dibawanya sering menyaingi ukuran notebook yang normal. Ultrabook sebagian besar dibekali dengan SSD Hard Drive – jenis ini lebih cepat, ringan dan silent dibandingkan dengan HDD. Memilki kecepatan yang lebih cepat, SSD lebih mahal untuk kategori harga dibandingkan dengan HDD meskipun berukuran 128 GB saja. Ultrabook juga biasanya tidak dilengkapi dengan DVD Drive, sama halnya dengan Netbook yang tidak disertai dengan DVD ROM Drive.

Ultrabook Sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari dan dapat Anda gunakan untuk memainkan game ringan. Jenis ini juga cocok untuk memainkan permaian yang memiliki grafis 3D atau game yang memiliki tingkat yang lebih tinggi lagi. Ultrabook memiliki harga yang sangat bervarisai, mulai dari 7 jutaan hingga 15 jutaan, tentu lebih mahal dari Notebook maupun Netbook.

Itulah pengertian Ultrabook, Notebook dan Netbook yang dapat kami sampaikan untuk pemahaman kita semua, dimana dengan memahami pengertiannya tentu kita juga dapat mengetahui perbedaannya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala