Indikasi Lovebirdku Kena Snot Sudah 2 Minggu

ini adalah hari ke 14 burung lovebirdku kesayanganku mengalami yang namanya sakit mata yang ditandai dengan mata sebelah kanan yang berair dan mulai tumbuh selaput lendir bagian bawahnya, berdasarkan referensi dari teman teman di grup lovebird mania surabaya dan litelatur yang saya baca diberbagai media, ini adalah tanda-tanda burung lovebird yang kena snot. Sebenarnya apa itu snot? 

Snot adalah sejenis penyakit yang menakutkan bagi peternak lovebird, karena penyakit ini konon katanya mudah menular dan mematikan. Pada awalnya gejala burung kena snot bisa dilihat dari polah tingkahnya yang suka menggosok-gosokkan mata ke wadah pakan atau tempat tenggeran. 

Burung yang kena Snot dalam waktu 2 minggu konon katanya akan semakin kurus badannya dan mati pada akhirnya. dan hal ini tidak berakhir disini, karena sakitnya burung ini karena suatu serangan kuman, bakteri atau virus maka kondisi sekitar sangkar, dan sangkarnya di kwatirkan juga mengandung penyakit tersebut yang sangat membahayakan bagi burung lovebird lainnya. Untuk itu sangkar, wadah pakan, wadah kotoran, wadah minum, tenggeran dan aksesoris lainnya harus disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk lovebird yang sehat lainnya.

Sudah banyak obat snot yang beredar di pasaran, namun hingga 2 minggu ini belum saya coba gunakan, ada pun yang telah saya coba gunakan adalah tetes mata insto dan mengganti air minum setiap hari. Untuk  makanan sudah saya hilangkan kangkung sejak 2 minggu ini, namun untuk penambah makanan saya gunakan jagung muda.

Terkesan asal-asalan sih, namun saya punya keyakinan bahwa datangnya sehat dan sakit itu karena Tuhan, jika Tuhan menghendaki maka burung lovebird kesayanganku ini bisa diambil sewaktu-waktu. Jika Tuhan menghendaki hidup maka dia akan bertahan  untukku hingga akhir hayatnya.

Meskipun banyak yang menyarankan untuk dijual saja, maka menurut saya  hal itu tidaklah begitu penting, dan saya kwatir malah akan menyakitkan bagi pembeli/konsumen. Maka akan lebih bijak bila saya tetap memeliharanya dengan baik, merawatnya dengan baik seperti burung sehat pada umumnya.

Tips lain yang tetap saya pertahankan agar burung selalu sehat selain hal-hal diatas yang telah saya lakukan adalah membersihkan sangkar setiap hari dari kotoran, terutama ketika burung menjelang tidur, untuk itu membersihkan sangkar itu bisa dilakukan dipagi hari dan sore hari. Namun paling tidak perlu dilakukan di sore hari, sehingga waktu burung tidur, kondisi sangkar telah bersih.

Alhamdulilah, Segala puji bagi Allah yang telah tetap memberi kehidupan bagi burung Lovebirdku Pasjo, sehingga sudah 2 minggu sejak dia sakit dan divonis oleh spesialis akan mati, ternyata sampai saat ini masih bertahan hidup dan sudah mau ngekek, belajar ngekek karena memang masih berusia 4 bulan.

Inilah catatanku hari ini, semoga memberi inspirasi kepada kita semua bahwa bila kita mencintai sesuatu maka cintailah dengan tulus, cintailah saat dia sehat maupun sakit, serahkan segala hidup dan matinya kehidupan ini hanya pada Allah SWT. dan selalu lakukan yang terbaik untuk diri anda sendiri maupun untuk orang-orang disekitar anda. 

Salam Lovebird Mania...


1 comments:

anggita wisnu said...

gan lovebirdnya waktu kena snot ada lapisan putih di matanya ya ? pemberian instonya berapa kali sehari dan berapa tetes dan sampai berapa lama ??

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala