Tips | Cara Merawat Burung Nuri

Nuri Maluku
Jenis Jenis Burung Nuri sangatlah beragam dan semuanya cantik-cantik, sayangnya tidak semua orang diperbolehkan merawat burung ini dengan bebas. Kalau pun ingin merawatnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dan sebelum memelihara Burung Nuri, sebaiknya anda mengetahui cara merawatnya. Kali ini Gembala news ingin menyampaikan Tips Cara Merawat Burung Nuri kepada sobat-sobat Kicau Mania agar burung kesayangan kita ini bisa aktif dan atraktif.

Burung ini bila dipelihara dengan baik akan memiliki aktifitas yang tinggi dan atraktif, namun bila kekurangan gizi tentunya burung akan lesu dan tubuhnya akan tampak kurus, hal ini bisa dilihat dari bentuk dada yang ramping atau nyilet. Selain tubuh yang kurus, burung yang kurang terawat dan kekurangan gizi bisa dilihat dari kebiasaan buruknya yang suka mencabuti bulu di bagian-bagian tertentu terutama dada.

Agar burung menjadi sehat dan selalu aktif maka berilah makanan yang cukup gizi, dimana sumber gizi itu bisa diperoleh dengan cara memberi makanan yang bersih dan berasa manis. Makanan burung Nuri bisa berupa buah yang manis, nektar buatan dan sayur mayur.

Berikut ini adalah kutipan kami dari om kicau tentang cara merawat Burung Nuri :

Untuk menjamin kebutuhan gizinya, burung harus diberikan buah-buahan segar yang bervariasi. Berikan buah-buahan segar seperti apel, peer, stroberi, anggur, melon, ceri, dan semangka sebagai pakan hariannya. Hindari buah-buahan yang asam seperti jeruk, lemon, atau tangerine karena bisa langsung mengganggu pencernaannya.

Beberapa jenis buah tersebut bisa dibuat dalam bentuk koktail atau potongan-potongan kecil, kemudian dimasukkan ke dalam tempat pakan. Dengan demikian, kebutuhan nutrisinya lebih terjamin.

Untuk pakan tambahan, Anda bisa memberikan jagung atau sayuran hijau lainnya. Adapun pakan bijian berupa kacang-kacangan yang dicampur biji kuaci (biji bunga matahari).

Air minum yang diberikan pun sebaiknya sudah direbus, atau menggunakan air isi-ulang. Setiap dua kali seminggu, air minum dicampur dengan gula untuk membuat nektar buatan sebagai penambah energi bagi burung tersebut agar tetap aktif dan atraktif.

Sekarang kita telah mengetahui cara merawat burung Nuri, semoga saja burung kesayangan kita semua ini menjadi burung yang sehat dan selalu aktive. Temukan artikel menarik lainnya tentang perawatan burung kicau dan burung hias hanya di Gembala News dan Mr Kicau


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala