Burung Merak Hijau Asli Jawa Timur

Terpesona dengan keindahan burung merak, kali ini Gembala News ingin mengungkap Habitat Merak Hijau yang ada di Indonesia karena saya kwatir dengan populasinya yang terus berkurang maka sebelum lebih jauh disini saya menghimbau kepada pecinta burung untuk tidak melakukan penangkapan secara liar apalagi memelihara burung ini jika anda bukan ahlinya karena burung ini adalah termasuk salah satu burung yang dilindungi sehingga tidak sembarang orang boleh memeliharanya.


 
Burung Merak adalah burung yang memiliki bulu sangat indah selain dari burung cenderawasih dari tanah Papua. Burung Merak jantan memiliki ekor menjuntai yang akan melebar atau mengembang saat akan mendekati merak betina. Burung merak hijau adalah salah satu species merak yang berasal dari Pulau Jawa, asli dari Indonesia yang bisa ditemukan di taman nasional alas purwo. Keberadaan burung ini menjadi primadona di Jawa Timur, dan bulunya dijadikan bagian dari pernik Reog Ponorogo sehingga reog akan terlihat lebih menawan dan gagah.

Merak Hijau atau kerap disebut Merak Jawa, nama ilmiahnya Pavo muticus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, Merak Hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.

Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Populasi Merak Hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Cina, Indocina dan Jawa, Indonesia. Sebelumnya Merak Hijau ditemukan juga di India, Bangladesh dan Malaysia, namun sekarang telah punah di sana. Walaupun berukuran sangat besar, Merak Hijau adalah burung yang pandai terbang.

Makanan Burung Merak
Burung ini termasuk omnivora karena yang konsumsi burung ini adalah pucuk daun, biji-bijian, serangga kecil dan kadal kecil.

Itulah sekilas info tentang burung merak hijau yang begitu indah warnanya, semoga bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat sebagai pengetahuan di dunia fauna.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala