Jenis Jenis Burung Alap Alap di Indonesia

Burung Alap Alap adalah jenis burung pemakan serangga dan binatang kecil lainnya. burung ini ditemukan banyak di Indonesia yang merupakan burung asli endemik kepulauan Indonesia dan burung yang melakukan migrasi dari negara lain saat musim tertentu. Burung alap alap bukanlah burung berkicau, burung ini dilindungi yang bisa ditemukan di daerah konservasi dan hutan lindung.


Alap-Alap mendiami hutan terbuka dan dapat melakukan manuver dengan cepat melalui dedaunan saat mengejar burung lain. Mereka juga dapat beradaptasi dan akan mengunjungi taman kota, kebun, dan semak semak. Mereka akan berburu burung kecil, hingga hampir seukuran mereka sendiri, dan sering terlihat saat senja berburu kelelawar dan serangga besar.

Jenis-Jenis Burung Alap-Alap
  • Alap-alap australia
  • Alap-alap capung
  • Alap-alap coklat
  • Alap-alap erasia
  • Alap-alap kawah
  • Alap-alap layang
  • Alap-alap sapi
  • Alap-alap walet
  • Alap-alap macan
Alap Alap Australia
Adalah burung alap-alap yang ditemukan di Indonesia yang berasal dari Australia karena melakukan migrasi dari negara tersebut ketika musim dingin berlangsung. burung ini memakan kelelawar di sore hari dan suka bermain di taman untuk mencari mangsa sejenis kodok atau tikus bahkan kadal.


Alap-alap sapi
Alap-alap sapi (bahasa Latin = Falco moluccensis) adalah spesies burung dari keluarga Falconidae, dari genus Falco. Burung ini merupakan jenis burung pemakan mamalia kecil, kelelawar, burung, kadal, serangga yang memiliki habitat di daerah terbuka di semua ketinggian. kebun, tegalan, tepi hutan, atau perkotaan.

Alap-alap sapi memiliki tubuh berukuran kecil (30 cm). Jantan: Tubuh bagian atas coklat gelap. Mahkota dan Tubuh bagian atas kekuningan, bergaris dan bintik hitam tebal. Tubuh bagian bawah kuning suram dengan coretan hitam tebal. Ekor abu-abu kebiruan ujung putih dan garis lebar hitam di sub-terminal. Betina: ukuran lebih besar, garis tebal pada ekor. Iris coklat, paruh abu-abu kebiruan, ujung hitam, sera kuning, tungkai dan kaki kuning. Terbang melingkar perlahan, melayang-layang diam sambil mengepak sayap. Menukik saat memangsa. Bertengger pada tiang, pohon, batu cadas. Sarang besar dari ranting, berlapis daun, epifit, atau lumut, pada pohon terisolir, atau pada lubang pohon. Telur berwarna kemerahan, berbintik coklat, jumlah 4 butir. Berbiak bulan April-Agustus.  (wikipedia)

Alap-alap macan
Alap-alap macan (bahasa Latin = Falco severus) adalah spesies burung dari keluarga Falconidae, dari genus Falco. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga, burung kecil yang memiliki habitat di hutan dataran rendah, kebun campuran.

Alap Alap Kawah
Alap-alap kawah (Falco peregrinus) atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina serupa, tapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan.

Mangsa utama alap-alap kawah adalah aneka burung berukuran sedang, seperti merpati dan kerabatnya, nuri, jalak dan ayam. Burung-burung ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap ini juga memangsa hewan-hewan lain, seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan.

Alap-alap kawah diketahui sebagai salah satu makhluk tercepat di dunia. Pada waktu terbang mengejar mangsanya, burung ini dapat mencapai kecepatan 320 km/jam.

Alap Alap Layang
Alap-alap layang menyerupai alap-alap erasia, berwarna coklat dan berekor panjang. Dibandingkan dengan alap-alap erasia, alap-alap layang memiliki warna yang lebih pucat dan tanda hitam yang kurang tebal. Pada burung jantan, dahi akan berwarna abu-abu dan tengkuk berwarna coklat.

Burung remaja mirip dengan burung betina, namun sedikit lebih suram, bagian bawah merah karat lebih keabu-abuan dan bagian atas bergaris-garis hitam lebih tebal. Iris berwarna cokelat, paruh abu-abu dengan ujung hitam dan sera kuning, tungkai dan kaki kuning. Kebiasaan

Burung ini merupakan penerbang yang sangat anggun, terbang melingkar perlahan, perilaku lebih mirip elang, sering bertengger di cabang terbuka yang menjuntai ke padang rumput, dan memangsa buruannya di atas tanah, terbang dengan mengepakkan sayapnya secara santai, menukik tajam dengan sayap terangkat untuk menangkap mangsanya.

Itulah beberapa jenis burung Alap-Alap yang ditemukan dikepulauan Indonesia, yang bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan Fauna Indonesia. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian  yang mencintai burung. 
Sumber dari berbagai informasi di internet dan wikipedia.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala